TENTANG KAMI

RATU ADIL

tentang-ratu-adil
Ratu Adil atau (Rakyat Tuntut Amanah Keadilan), adalah organisasi masyarakat yang berjuang di garis perjuangan rakyat yang aktif dan progesif dalam melawan segala bentuk penindasan. Ratu Adil memiliki beberapa sel kerja diantaranya KRPK (Komite Rakyat Pemberantas Korupsi) yang aktif dalam tindak pidana korupsi. FMR (Front Mahasiswa Revolusioner) yang beranggotakan mahasiswa yang berjiwa revolusi. SBM (Serikat Buruh Merdeka),  FPPM (Front Perjuangan Petani Mataraman) yang selalu konsisten berjuang dalam perjuangan Petani Mataraman, GANJA (Gerakan Anak Jalanan) yang memberi ruang kreatifitas anak jalanan untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Sampai saat ini Ratu Adil sudah menjebloskan banyak koruptor dan penindas di Blitar raya ini. Mereka rata-rata bukan orang sembarangan, mulai perangkat desa, pejabat pemerintahan sampai Bupati. Bagi Ratu Adil perongrong negara adalah para koruptor penindas rakyat yang merugikan negara dalam jumlah tak terkira dan dampaknya sangat menyengsarakan rakyat. Terhadap semua itu Ratu Adil tidak pandang bulu, begitu tahu ada penyelewengan korupsi dan penindasan, maka kita akan sikat hingga tuntas kemanapun koruptor bersembunyi dan berlindung sampai di Pengadilan. Ratu Adil tidak pernah main-main, buktinya hingga kini tersangka yang diadili di Pengadilan terus kita monitor sampai vonis hakim menyatakan bersalah. Selain untuk mengembalikan sebanyak mungkin aset negara yang sudah digarong, itu semua dilakukan untuk menimbulkan efek jera. Biar semua orang berfikir 1000 x jika mau korupsi.

Hmm… memang tidak boleh ada kata menyerah atau setengah hati dalam memberantas segala bentuk penindasan, harus agresif serius tanpa konpromi dan hanya ada satu kata….LAWAN… Alasannya karena penindasan ataupun korupsi sudah sedemikian parah merusaknya dan rakyat adalah korbannya. Tengok saja kanan kirimu, masih banyak anak putus sekolah akibat tingginya biaya pendidikan, serta masih berderet pula orang sakit yang harus mengelus dada tidak mampu berobat karena mahalnya biaya pengobatan dan anak-anak dengan perut membusung karena kurang gizi. Itu semua akibat penindasan.

Yaa..Korupsi punya andil besar memperdalam jurang kesengsaraan rakyat. Di sektor sumber daya alam, kong-kalikong pengusaha hitam dan pejabat korup yang makin membuat miskin bangsa ini. Kekayaan alam tergerus habis meninggalkan kerusakan, dan akhirnya harus ditanggung masyarakat sendiri. Sektor pangan tak luput dari jarahan tangan koruptor, membuat ketahanan pangan negeri yang subur ini melemah. Petani tak berkutik dan tertindas, karena tanah pertanian mereka dirampas dan dialih fungsikan menjadi perkebunan. Sebenarnya negara atau pemerintah pusat sudah berusaha dalam menangani kasus korupsi dengan membentuk Lembaga yang bergerak dalam pemberantasan korupsi seperti KPK, serta lahirnya Undang-Undang Tipikor.

Bukannya kita tidak percaya… tetapi sampai saat ini penanganan dari pemerintah pusat kadang kurang mampu menjangkau atau memonitor korupsi di tingkat bawah. Nah..dari situ dirasakan perlu untuk membantu kinerja pemerintah dalam upaya memberantas korupsi. Oleh sebab itu Ratu Adil menggarap serius dalam usaha untuk menegakkan Undang-Undang yang sudah ditetapkan oleh negara. Dan dari situ juga dirasakan perlu metode penegakkan hukum yang luar biasa lewat pembentukan organisasi masyarakat dengan mandat dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat, independent bebas dari kekuasaan manapun. Bekerjasama dengan berbagai kalangan mulai organisasi dan juga masyarakat langsung, Ratu Adil mencoba mendorong tertutupnya segala lubang kesempatan segala bentuk korupsi. Sudah banyak sekali sistem administrasi dan layanan publik yang dikaji oleh Ratu Adil diperbaiki saat ditemukan kelemahan. Jika sistemnya sudah baik maka dipercaya akan semakin sulitlah celah orang atau oknum untuk berbuat korup. Cara lainnya adalah dengan mengikis niat untuk korupsi, Ratu Adil mulai mencoba menanamkan karakter-karakter anti korupsi sejak usia dini. Hingga nantinya diharapkan akan terbangun generasi yang bebas dari korupsi. Upaya pencegahan korupsi adalah pekerjaan besar, karena harus dilakukan secara konsisten, terus menerus, dan butuh waktu yang lama. Namun ini adalah investasi masa depan untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Ratu Adil tidak bisa sendirian membuat indonesia menjadi bersih, perlu usaha bersama demi membentuk masyarakat yang punya karakter kuat dan bersih dari segala tindak korupsi.

Sudah terlalu lama negeri ini terpuruk karena korupsi. Selama ini rakyat cuma bisa iri dengan kemajuan dan kesejahteraan negara lain. Kita tahu Indonesia yang maju dan sejahtera cuma bisa diwujudkan kalau pemerintahan dan birokrasi bersih serta melayani rakyat. Tapi masyarakat tidak boleh membiarkan perilaku korupsi di sekitar kita. Dengan semakin anti penindasan dan korupsi serta kerja keras seluruh lapisan masyarakat bersama Ratu Adil, harapan itu masih ada. Ayo membangun Indonesia yang bersih dari segala bentuk penindasan dan korupsi, yang maju sejahtera bersama Ratu Adil.

VISI MISI DAN TUJUAN GERAKAN
“ Sesungguhnya masa depan negeri ini adalah manusia Indonesia yang menjadi sumbu serta subyek bangsa, tanah air seisinya dan juga masa depan dunia adalah juga kemanusiaan yang universal-hak hak asasi manusia, keadilan, kesetaraan dalam persaudaraan sebagai inti tak terpisahkan dari bumi dan kehidupan yang menyertainya. Sesungguhnya, masa depan kedua hal tersebut – negeri ini dan dunia kita – terletak di tangan mereka yang merupakan bagian dari ras manusia yang terdidik baik.”
CITA PANDANG KITA ( VISI )
Negara adil makmur berkedaulatan rakyat berdasarkan ketuhanan yang maha esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan serta dengan mewujudkan suatu keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia.
MAKNA & MISI ( AIMS & MISIONS )
Bertekad mengembalikan seluruh kedaulatan kepada rakyat Indonesia mengingat selama ini alur kedaulatan hanya berputar dan berpihak pada pejabat, aparat, para pemilik modal serta kaum yang dekat dengan lingkar kekuasaan saja. Maka dari itu kami selalu bertekad bulat mendesak agar seluruh kedaulatan dikembalikan kepada rakyat dan semua kebijakan berpihak pada rakyat pula. Disamping itu, juga terus mendorong munculnya figure alternative yang berpihak pada rakyat, sehingga mampu membawa rakyat serta negeri ini meninggalkan era lama yang menyakitkan, memilukan dan memalukan menuju awal penghargaan baru bagi bangsa dan tanah air Indonesia dapat diwujudkan.
TUJUAN ( OBJECTIVES )
Dalam mewujudkan tata kehidupan serta negeri yang makmur, sejahtera dan berkeadilan social tersebut, maka rakyat Indonesia harus mampu memiliki figure alternative yang benar-benar diusung atas kesadaran sejati rakyat. Sehingga mampu mewujudkan tata pemerintahan yang bersih, demokratis dan berwatak kerakyatan. Selain itu juga harus mampu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah, tanah air Negara Kesatuan Republik Indonesia. Memajukan kesejahteran umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, keadilan social dan kelangsungan kehidupan bumi dan umat manusia.
STRATEGI dan AKSI PERJUANGAN KITA
Mengingat mendesaknya perwujudan tata pemerintahan yang bersih, demokratis dan berwatak kerakyatan tersebut, maka secara otomatis sangat dibutuhkan pembuat kebijakan yang memiliki konsistensi dan komitmen terhadap cita-cita luhur Proklamasi 1945. Proses pencarian figure alternative yang benar-benar diusung oleh kesadaran sejati rakyat inipun harus dilaksanakan dengan sepenuh hati di negeri ini. Pikiran dan gagasan “ Demokrasi “ yang diselewengkan oleh berbagai saluran mekanisme demokrasi palsu selama ini serta beberapa kitab perundangan hasil rekayasa yang tidak lebih merupakan usaha mendaur ulang politikus-politikus busuk, birokrat korup dan kaum oportunis dangkal yang bermasalah. Juga tidak lebih dari usaha mempertahankan kekuasaan partai-partai yang tidak bermutu, membosankan dan bermental korup.
Singkatnya, mekanisme demokrasi harus dikembalikan kepada khitah sejatinya, yakni : langsung berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat dalam arti yang sebenarnya. Dengan harapan agar segala cita-cita luhur yang ada dalam pancasila dan UUD 1945 segera terwujud.
Inti gerakan ini merupakan bola salju yang bergulir bertambah besar, aliran air yang bertambah deras menjadi perlawanan akar rumput terhadap sikap mapan yang korup, menghisap dan menindas rakyat.
logo_ratu_adil_amanahPROGRAM KERJA
RAKYAT TUNTUT AMANAH KEADILAN ( RATU ADIL )
Periode 2017 – 2021
JANGKA PENDEK ( 1 Sampai 3 buln pertama )
1. Melakukan konsolidasi organisasi secara umum dari tingkat daerah maupun nasional.
2. Melakukan sosialisasi ( untuk Blitar khususnya dan nasional pada umumnya ) atas keberadaan RAKYAT TUNTUT AMANAH KEADILAN ( RATU ADIL ) ini ke masyarakat luas dan kalangan Eksekutif, Legislatif, dan Yudikatif melalui berbagai seminar, lokakarya, dan aksi-aksi massa sebagai bentuk kepeloporan perjuangan rakyat.
3. Melengkapi administrasi organisasi.
4. Melakukan penstrukturan organisasi dari tingkat local maupun nasional.
5. Melakukan langkah-langkah pemahaman ke masyarakat luas atas pentingnya pemerintahan yang bersih demokratis dan berwatak kerakyatan.
JANGKA MENENGAH ( 1 Tahun pertama )
1. Melakukan respon yang positif serta bijaksana atas segala permasalahan yang berkembang di masyarakat.
2. Melakukan investigasi data, landasan hukum serta dokumen yang lain untuk memantabkan sistem advokasi rakyat.
3. Melakukan survey/penelitian, pengumpulan data dan identifikasi masalah yang ada di daerah kota/kabupaten Blitar khususnya dan Indonesia pada umumnya.
4. Menerima masukan masalah yang timbul di daerah Kota/Kabupaten Blitar khususnya dan Indonesia pada umumnya yang menyangkut tata kehidupan rakyat secara luas.
5. Memberikan pemecahan masalah baik antar perorangan maupun masyarakat yang diajukan oleh perorangan ataupun yang ditemukan RATU ADIL.
6. Melakukan pengawasan terhadap lembaga Eksekutif, Legislatif maupun Yudikatif serta pelaku pelayanan public lainnya di daerah Kota/Kabupaten Blitar khususnya dan Indonesia pada umumnya.
7. Menyampaikan rekomendasi pemecahan masalah kepada Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif secara transparan.
8. Menyampaikan rekomendasi aspirasi yang menyangkut hidup dan penghidupan serta kepentingan masyarakat banyak kepada instansi tertentu yangterkait.
9. Melakukan pendampingan masyarakat untuk mewujudkan masyarakat madani yang sehat, berkembang, beradab dan berkeadilan social.
10. Mengupayakan serta mempropagandakan brosur/edaran dan/ bulletin untuk kepentingan RATU ADIL maupun masyarakat secara luas.
11. Mengupayakan kontak dengan jajaran lembaga tinggi/tertinggi Negara, organisasi/LSM/ormas tingkat Regional, Nasional maupun Internasional yang sejalan dengan garis-garis besar mekanisme RATU ADIL.
JANGKA PANJANG ( 3 Tahun Dst )
1. Memberikan kepeloporan dalam setiap penanganan atau pemecahan atas segala permasalahan yang timbul dari tingkat local maupun nasional.
2. Menjadikan Blitar sebagai barometer kepeloporan dalam pergerakan rakyat demi terwujudnya pemerintahan yang bersih, demokratis dan berwatak kerakyatan.
3. Progam jangka menengah sudah dijadikan kegiatan rutin.
4. Menjadikan RATU ADIL sebgai sentra komunikasi masyarakat di daerah Kota/Kabupaten Blitar khususnya dan Indonesia pada umumnya
5. Membuat media cetak serta elektronik di lingkungan Blitar khususnya dan Indonesia pada umumnya sebagai wujud dalam membentuk mekanisme yang berimbang dan bertanggung jawab.
TEKHNIK PELAKSANAAN KEGIATAN
Untuk mewujudkan program kegiatan tersebut, RATU ADIL akan melakukan tekhnis pendekatan sebagai berikut :
1. Kontak person/kelompok masyarakat dan Eksekutif, Legislatif, Yudikatif dan Swasta baik local / Nasioanal.
2. Surat menyurat / korespondence.
3. Dialog, seminar dan diskusi panel.
4. Melakukan unjuk rasa secara damai, terpimpin dan bertanggung jawab.
5. Melakukan opini konstruktif dalam kehidupan masyarakat.
6. Melakukan sosialisasi secara berkesinambungan atas pentingnya peran serta masyarakat dalam perwujudan pemerintahan yang bersih, demokratis dan berwatak kerakyatan.
7. Berusaha mewujudkan kematangan perekonomian nasional ditengah-tengah masyarakat dengan landasan ekonomi kerakyatan.
8. Berusaha menumbuh-kembangkan segala nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila dan UUD 1945 di segenap lapisan masyarakat.